Background

Bahasa Indonesia dan Pemanfaatan Pada Tataran Semi Ilmiah

Setelah sebelumnya kita membahas tentang pemanfaatan bahasa Indonesia pada tataran Non ilmiah, kali ini kita akan membahas pemanfaatannya pada tataran semi ilmiah.

Semi Ilmiah adalah karangan ilmu pengatahun yang menyajikan fakta umum dan menurut metodologi panulisan yang baik dan benar, ditulis dengan bahasa konkret, gaya bahasanya formal, kata-katanya tekhnis dan didukung dengan fakta umum yang dapat dibuktikan benar atau tidaknya atau sebuah penulisan yang menyajikan fakta dan fiksi dalam satu tulisan dan penulisannya pun tidak semiformal tetapi tidak sepenuhnya mengikuti metode ilmiah yang sintesis-analitis karena sering di masukkan karangan non-ilmiah. Maksud dari karangan non-ilmiah tersebut ialah karena jenis Semi Ilmiah memang masih banyak digunakan misal dalam komik, anekdot, dongeng, hikayat, novel, roman dan cerpen. Karakteristiknya : berada diantara ilmiah. Bentuk karangan semi ilmiah yaitu artikel, editorial, opini, tips, reportase, dan resensi buku. Ciri khusus dari karangan semi ilmiah adalah menggunakan opini dari seseorang. Berikut adalah contoh pemanfaatan bahasa Indonesia pada tataran semi ilmiah :

Pedro Pastikan Kondisi Barca Siap 100%

Barcelona - Pedro Rodriguez mengakui bahwa selalu sulit untuk kembali ke bentuk terbaik usai jeda internasional. Namun, dia yakin timnya akan siap sepenuhnya untuk menghadapi Racing Santander.

Sekitar delapan pemain Barcelona tampil memperkuat timnas Spanyol saat mengalahkan Skotlandia dengan skor 3-1 di laga kualifikasi terakhir Piala Eropa 2012 pada Rabu (12/10).

Pemain lainnya, Eric Abidal memperkuat timnas Prancis sedangkan Lionel Messi dan Javier Mascherano bersama-sama membela Argentina di ajang kualifikasi Piala Dunia 2014.

Santander akan menantang Barca di Camp Nou pada Minggu (16/10) dinihari WIB. Ini berarti Los Azulgrana hanya punya waktu tak kurang dari tiga hari untuk beristirahat.

"Selalu sulit untuk kembali ke bentuk (terbaik) setelah jeda intenrasional," ucap Pedro di situs resmi klub. "Kami melihat, kami berlatih dengan baik dan penuh percaya diri dan berada di dalam kondisi bagus."

"Racing memiliki tim yang hebat dan kami mengharapkan pertandingan yang bagus di Camp Nou dan terus memperoleh angka. Para pemain bersama kami di timnas sedang mengembalikan kebugaran, tapi saya yakin kami akan siap tepat waktu untuk laga ini."

"Perjalanan dan waktu bermain selalu jadi faktor yang menyulitkan untuk berada di kondisi terbaik pasca bermain di kancah internasional, tapi kami yakin akan berada di kondisi 100 persen menghadapi Racing," yakin dia.

Barca punya rekor apik saat berhadapan dengan Santander. Dalam 10 kali penampilannya, Blaugrana tidak pernah kalah dengan memenangi delapan di antaranya. Dalam lima pertemuan terakhirnya melawan Los Verdiblancos, Barca selalu menang.

Categories: Share

Leave a Reply