Background

Review Splashlite

SPLASH LITE

Di jaman sekarang ini semakin banyak pilihan pemutar multimedia, Splash lite datang dengan mengusung tagline “Next Generation Player”. Berikut penjelasan yang ditawarkan dari aplikasi ini ?

Di dalam situs resminya, dicantumkan ada beberapa jenis Splash yang disediakan, yaitu Splash Lite, Splash Pro, dan Splash Pro EX. Yang membedakan dari ketiganya adalah dari segi harga dan feature.

Splash Lite merupakan versi standar dari ketiga versi tersebut dan gratis, Splash Pro merupakan versi premium dan berbayar, dan Splash ProEX merupakan versi premium dengan feature yang sama dengan Splash Pro, namun di Splash ProEX ada feature yang ditambah yaitu kemampuan mengkonversi video.

Saat pertama kali membuka Splash Lite, kesan yang ditampilkan antarmukanya sangat modern dan elegan dengan tema warna hitam. Peletakan tombol-tombol yang fungsional juga sangat efisien. Dari segi tampilan interface, Splash layak diacungi jempol.

Seperti SPlayer, Splash juga sudah sudah mendukung GPU acceleration. Akan tetapi, hanya video dalam format MPEG4 yang didukung dalam versi Lite. GPU Acceleration untuk format lain baru bekerja dalam versi Pro dan Pro EX.

Dari segi tampilan, Splash mampu menyajikan tampilan video yang cerah dan nyaman dipandang berkat feature eksklusif Picture. Dibandingkan beberapa pemutar multimedia sejenis, keluaran video dari Splash relatif lebih menyala dan tajam. Kualitas optimasi rendering video yang dilakukan pengembang pun terlihat sangat baik.

Salah satu feature yang cukup menarik pada versi premium Splash adalah Smart Seek yang mirip dengan fungsi Aero Peek pada Windows 7. Feature ini berfungsi pada saat kita meletakkan kursor di atas timeline video, lalu akan muncul thumbnail tampilan video sesuai dengan timeline tersebut.

Feature premium lainnya yang cukup menarik adalah Motion - 24/25/30p to 60p conversion, Light Boost, Detail Boost, dan Motion ULTRA 1080p yang semuanya berfungsi untuk meningkatkan kualitas tampilan video.

Dengan kualitas video yang lebih tajam dibanding pemutar multimedia lainnya, Splash layak dijadikan salah satu pilihan menonton film dan video favorit. Sayang, banyak feature menarik hanya tersedia pada versi premium.

Anda bisa mendownload software ini di situs resmi-nya yaitu http://mirilis.com/splash.html, dengan ukuran installer 12,8 MB , software ini cukup ringan untuk di download.

KESIMPULAN

Kelebihan : Tampilan antarmuka modern dan cantik, Mendukung GPU acceleration, Kualitas video cerah dan tajam

Kekurangan : Banyak feature menarik yang hanya tersedia pada versi premium dengan harga yang cukup mahal

Categories: Share

Leave a Reply