Background

Review Rainbow Folder

Rainbow Folder

Rainbow folder adalah sebuah utility kecil yang dikembangkan oleh Piotr Chodzinki sejak tahun 2002. Rainbow Folder adalah sebuah aplikasi yang cukup unik yaitu berfungsi untuk merubah warna atau dari dapat mewarnai folder apapun. Selain dapat mempercantik tampilan pada Windows Explorer, aplikasi ini dapat membantu Anda untuk mengkategorikan file pada satu folder. ikon yang merepresentasikan folder apapun di computer anda.

Walaupun aplikasi ini dapat berjalan melalui proses instalasi, tetapi Rainbow Folder merupakan portable software. Pada saat diunduh, utility ini masih dalam bentuk rar dengan ukuran file sebesar 785 Kb yang berisikan exe dan txt file. Proses instalasi aplikasi ini tidak memakan waktu yang lama, cukup menunggu selama 10 detik, maka program ini sudah dapat diakses melalui start menu. aplikasi ini hanya memakan ruang hardisk anda sebesar 1,41 MB.

Banyak hal yang ditawarkan oleh Rainbow Folder, salah satunya adalah mengubah style ikon Anda menjadi Typical (ikon Xp), Modern (ikon Vista), dan Classical (9x). Sementara itu, sistem pewarnaan aplikasi ini dapat dilakukan secara manual atau random. Anda bisa melihat hasil kustomisasi melalui preview ikon folder yang telah tersedia.

Efek mewarnai folder dengan menggunakan aplikasi ini tidak hanya berlaku sebatas di Windows Explorer saja. Folder yang telah diwarnai akan tetap sesuai dengan warnanya pada keseluruhan sistem Windows. Hal ini termasuk pada saat membuka dialog box save/open di setiap software atau pada folder tree aplikasi apapun.

Kelebihan lainnya yang ditawarkan dari Rainbow Folder adalah tooltips. Anda dapat menyertakan sebuah text yang akan muncul dalam bentuk pop up beberapa saat setelah kursor berada pada folder. Text dapat berisikan peringatan agar orang lain yang mempergunakan pc Anda untuk tidak menghapus folder-folder yang penting dalam komputer anda.

Aplikasi ini dapat berjalan pada seluruh Windows OS tanpa ada masalah, seluruh feature yang tersedia juga dapat berjalan dengan baik. Untuk mengekstrak warna sebuah folder, aplikasi ini akan meminta Anda untuk mewarnainya terlebih dahulu dan tidak menggunakan aplikasi pewarna folder lainnya. Untuk warna folder bawaan juga tidak dapat diekstrak oleh software ini.

Jangan terkecoh dengan kecilnya file pada saat diunduh, walaupun kapasitas aplikasi ini sangat kecil tetapi software ini menyediakan file panduan secara offline. Di sini Anda akan menemukan topik-topik mulai dari cara instalasi sampai dengan penggunaan software ini. Bila merasa belum puas dapat mengunjungi website resminya di http://www.english.aionel.net/.

Kesimpulan

Aplikasi ini sangat berguna dan membantu Anda untuk mempercepat pencarian dan pengkategorian dari file-file yang tersimpan dalam folder pada desktop. Rainbow Folder mempergunakan sistem pewarnaan agar folder yang tersedia dapat dilihat dengan mudah atau istilah gampangnya “eye catching”.

Categories: Share

Leave a Reply