Background

Review Abiword

AbiWord

Daripada membajak sebuah software, mungkin Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi gratisan atau freeware. Karena di luar sana, ternyata banyak aplikasi gratis alternatif yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan Anda. Mulai dari aplikasi untuk mengedit gambar, music player, browser, diet program, sampai dengan office tool, dapat digantikan dengan freeware. Begitu pula dengan Microsoft Word. Anda dapat menggunakan aplikasi pengganti Ms Word untuk membantu menyelesaikan berbagai pekerjaan Anda. Abi Word muncul sebagai sebuah Freware Alternatif Lain Aplikasi Word.

AbiWord adalah salah satu aplikasi word yang dapat digunakan untuk menggantikan Microsoft Word. Aplikasi ini dikembangkan oleh Dom Lachowicz dan beberapa developer lainnya sejak tahun 1998 (sampai sekarang) di bawah naungan AbiSource.Inc. Dengan kapasitas sebesar 7.9 MB, proses pengunduhan dan instalasi tidak memakan waktu yang lama. Cukup dengan mengikuti langkah-langkah yang telah tersedia sampai selesai, Anda akan mendapatkan Abiword di start menu atau shortcut ikon di desktop.

Saat pertama kali dijalankan, aplikasi ini akan membuka langsung dokumen bawaan yang berisi berbagai keterangan, mulai dari release note sampai dengan support links. Aplikasi ini memiliki desain yang sama persis dengan berbagai word prosesor lainnya sehingga dapat digunakan dengan mudah oleh siapa pun.

Proyek Abiword diawali dengan keinginan untuk menciptakan word prosesor yang memiliki tingkat kestabilan yang baik tanpa terikat kepada satu platform dan file format saja. Saat ini, Abiword telah ter-compile ke dalam sebuah aplikasi yang memiliki berbagai feature yang tidak kalah dengan word prosesor lainnya. Berikut beberapa feature aplikasi ini.

· Impor dan ekspor, dengan dukungan MS Word, WordPerfect, open office, dan masih banyak lagi.

· Undo dan redo tanpa batasan kapasitas.

· Solid (X)HTML ekspor, dukungan CSS styles.

· Gambar.

· Dukungan pengejaan dengan pilihan underlining.

· Bullets dan Lists.

· Styles.

· Kustomisasi tabel melalui Style.

Abisource.Inc mengklaim bahwa perbedaan besar yang terdapat di Abiword dengan pengolah kata lainnya adalah file format dasarnya. Dokumen yang tersimpan dengan Abiword dapat dengan mudah dibaca oleh berbagai pengolah kata lainnya. Dengan menggunakan kode XML dan Markup, Anda bisa membuka dokumen yang telah tersimpan menggunakan Abiword.

Apa gunanya memiliki dokumen yang tidak dapat di-share dengan orang lain? Melalui ini, Abisource.inc menyediakan sebuah server untuk berbagai jika konsumen ingin berbagi hasil kerjanya. Ekstra feature ini cukup menarik, tidak semua aplikasi menyediakan fasilitas ini untuk konsumennya.

Seperti yang telah dijanjikan oleh aplikasi ini, kemampuan dokumen yang telah tersimpan memang dapat dibuka dengan teks editor lainnya. Selain itu, kapasitas feature “undo” dan “redo” tidak terbatas. Itu memungkinkan Anda untuk memperbaiki pekerjaan Anda hingga batas apa pun. Selain itu, feature lainnya juga dapat berjalan dengan baik. Kestabilan aplikasi ini terhadap beberapa platform pengujian juga patut mendapatkan pujian.

saya tidak menemukan kesulitan saat proses update. Begitu juga dengan sharing dokumen, jika Anda ingin berbagi hasil kerja dengan kolega. Selama koneksi internet Anda tidak bermasalah, proses update atau sharing dokumen tidak akan mengalami masalah tertentu.

Tidak seperti beberapa pengolah kata lainnya, Abiword terintegrasi dengan image viewer yang terdapat di platform OS Anda untuk menampilkan print preview. Selain itu, jika Anda memiliki account AbiCollab.net, Anda dapat langsung login melalui menu collaborate.

Tampilan yang dimiliki aplikasi lebih mirip dengan desain Microsoft word versi 2003 ke bawah. Ikon-ikon yang digunakan terkesan biasa saja, tanpa animasi yang menarik. Kemungkinan alasan penggunaan desain sederhana ini adalah agar memberikan kemudahan yang maksimal bagi pengguna saat sedang menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi ini menyediakan opsi bahasa Indonesia walaupum terjemahan yang digunakan belum sesuai EYD. Walau begitu, secara keseluruhan, kalimat-kalimatnya dapat dipahami dengan baik. Nah, jika Anda merasa gusar melihat terjemahan-terjemahan yang ada, Anda dapat menerjemahkan aplikasi ini ke dalam berbagai bahasa lainnya. SIlahkan klik sesi translator dan ikuti petunjuk selanjutnya.

Semua panduan yang dibutuhkan untuk mengoperasikan aplikasi ini tersedia di website resminya. Bukan itu saja, Anda juga dapat berpartisipasi dalam pengembangan software ini. Anda dapat melakukannya dengan melaporkan bugs yang terjadi atau mengusulkan berbagai ide menarik untuk dikembangkan.

Untuk melaporkan bugs yang terdapat di aplikasi ini, Anda dapat menjadi seorang bug tracker. Caranya adalah dengan membuka akun membership di bugzilla.abisource.com . Di sini, Anda dapat mencari berbagai informasi mengenai bugs yang telah dilaporkan atau melaporkan bugs baru yang Anda temukan.

Bila Anda seorang programmer, Anda juga dapat ikut serta dalam pengembangan AbiWord. Dengan mengunduh source code yang telah tersedia, Anda dapat mengembangkan aplikasi ini sesuai dengan keinginan Anda.

Abiword merupakan sebuah proyek yang dilakukan dengan menggunakan opensource. Setiap orang dapat menggunakan aplikasi ini atau ikut mengembangkannya. Buat saya, salah satu hal yang menarik dari aplikasi ini adalah pihak pengembang tidak meminta donasi sama sekali. Kontribusi yang diharapkan pihak pengembang adalah partisipasi pengguna untuk memberikan saran atau melaporkan bugs.

Performa yang baik dan feature yang melimpah merupakan syarat utama untuk menjadi sebuah teks editor. Semuanya terpenuhi dalam Abiword. Tidak perlu lagi ragu untuk beralih dari Microsoft Word ke AbiWord karena aplikasi ini memang dapat diandalkan sebagai media untuk menciptakan hasil-hasil karya penggunanya. Anda bisa mendownload-nya di situs resmi-nya. http://www.abisource.com/download/.

Categories: Share

Leave a Reply