Background

E-GOVERNMENT


Pasti udah pada ngerti kan sama judul diatas, yapp E-Government atau Electronic Government adalah suatu sistem yang diterapkan di dalam pemerintahan dalam hal transparansi informasi yang bersifat online. penerapan e-government sendiri di dalam pemerintahan meliputi pembuatan website-website pemerintahan, pembuatan e-ktp, pembuatan STNK dan masih banyak lagi.

Manfaat e-government sendiri bagi masyarakat memiliki dampak positif-nya seperti, pelayanan jasa yang lebih baik kepada masyarakat, peningkatan hubungan antara pemerintah dan pelaku bisnis, pemberdayaan masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh., masyarakat akan mendapatkan pelayanan yang lebih baik dengan penyediaan layanan 24 jam, adanya keterbukaan antara pemerintah dan masyarakat.

Hal-hal yang perlu diingat dalam penerapan e-government adalah :
  1. komitmen dan kesiapan dari pihak pemerintah daerah itu sendiri dalam membangun dan melaksanakan sistem e-government
  2. tekat dan kemauan dari pihak pemda beserta seluruh jajarannya untuk memperbaiki sistem administrasi yang ada saat ini
  3. keterbukaan dari pihak pemda dan seluruh jajarannya untuk menerima dan mempelajari kemajuan teknologi guna meningkatkan efisien dan efektivitas kerja di lingkungannya masing masing.
nah kalau ini hambatan dalam mengimplementasikan e-government:
  1. belum adanya budaya berbagi
  2. belum lazimnya budaya mendokumentasi
  3. masih langka-nya sumber daya manusia yang handal
  4. infra struktur yang belum memadai dan barang-barangnya pun masih dibilang mahal
  5. dan tempat mengakses yang terbatas
itulah sedikit informasi yang bisa saya berikan tentang e-government. semoga bermanfaat ..

Categories: Share

Leave a Reply