Background

Dennis MacAlistair Ritchie



okke.. hari ini saya akan sedikit mengenang jasa seorang mendiang Dennis MacAlistair Ritchie yang biasa dikenal Dennis Ritchie (DMR). di umur yang ke 70, beliau tutup usia pada tanggal 12 Oktober 2011. beliau diduga meninggal akibat Kanker prostat dan penyakit jantung yang dialaminya beberapa tahun yang lalu.

Dennis MacAlistair Ritchie beliau terkenal di kalangan para Ahli IT sebagai pembuat Bahasa Pemrograman C bersama dengan Ken Thompson. mereka berdua mengkombinasikan beberapa ospek sistem operasi UNIX dengan bahasa yang baru dibuatnya, dan mereka berdua berhasil menulis ulang seluruh sistem UNIX ke dalam Bahasa C.

mungkin tanpa beliau, Internet mungkin tidak akan bisa berjalan. hampir seluruh web server di dunia menggunakan UNIX, dan Software nya dikembangkan oleh Bahasa C atau turunannya. dalam dunia IT, kita tak bisa memungkiri bahwa dalam setiap produk pasti terdapat bahasa C dan UNIX di dalamnya. sayangnya beliau tidak terlalu dihiraukan, padahal jasa-nya sangat besar terhadap dunia Teknologi Informasi.

Categories: Share

Leave a Reply