Background

Perkembangan Sharing Data


Selamat pagi semua .. pada pagi ini saya akan sedikit mensharing ilmu yang saya dapat tentang perkembangan sharing data dalam dunia Teknologi.

kita pasti masih ingat tentang infrared, yang mungkin dalam perkembangan teknologi sekarang mungkin sudah jarang kita temui terutama dalam handphone handphone keluaran terbaru. infrared sendiri muncul pada dunia handphone pada tahun 1997, waktu itu nokia 6110 membuat inovasi game snake (kalau tidak salah) menggunakan infrared. tapi infrared sendiri ditemukan pada tahun 1800, sangat lama sebelum nokia menggunakan teknologi infrared untuk dipasang di handphone mereka.

Lalu muncullah bluetooth, menggunakan teknologi wireless dengan frekuensi 2,4 Ghz, teknologi ini hampir menutup keberadaan infrared. yang saya tahu handphone pertama yang menggunakan teknologi bluetooth itu Erricson T39m. kelebihan dari bluetooth sendiri adalah bisa menembus tembok tapi hanya dalam jarak 10 meter, dibandingkan dengan infrared yang harus mendekatkan kedua handphone untuk mengirim data.

Kemudian datang lah teknologi wi-fi, wi-fi sendiri memiliki kinerja yang lebih tinggi. Jarak yang lebih jauh dan kecepatan yang tinggi dalam mengirimkan data merupakan kelebihan dari sebuah teknologi wi-fi.

Dan yang terakhir adalah teknologi NFC, NFC sendiri singkatan dari Near Field Communication. teknologi ini dikembangkan pada tahun 2002. teknologi ini yang tertanam pada setiap handphone keluaran terbaru. teknologi ini dikembangkan sekarang untuk melakukan koneksi gaming dan file sharing dengan hanya menyentuhkannya ke sesama perangkat NFC.

Categories: Share

Leave a Reply